JURUSAN/PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

A. VISI JUR/PRODI BSI

Unggul dan kompetitif dalam bidang kajian bahasa dan sastra Inggris pada tingkat Nasional pada 2015 dan mampu mengartikulasikannya dalam konteks ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an.


B. MISI PRODI BSI
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik dan professional di bidang bahasa dan sastra Inggris, terutama dihubungkan dengan konteks ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an.
  • Mengembangkan kajian keilmuan di bidang bahasa dan sastra Inggris melalui kegiatan-kegiatan ilmiah, kajian, dan penelitian.
  • Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan tersebut melalui program pengabdian masyarakat, pelatihan, pementasan, pendampingan, dan sosialisasi semua genre sastra sebagai kepedulian komunitas akademis bahasa dan sastra, dengan menekanakan pada konteks nilai-nilai ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an.

C. TUJUAN PENDIDIKAN : (Landasan dasar II/353/2004; Lihat pula DJ.II/114/2005)

Menghasilkan sarjana yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

a. beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia yang didasari oleh pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam secara benar serta pemahaman yang terpadu antara ilmu dengan agama Islam serta berkepribadian Indonesia.

b. menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dalam bidang kajian bahasa dan sastra Inggris, serta mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan meluruskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kajian bahasa dan sastra Inggris.

c. mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan bidang bahasa dan sastra Inggris dalam kegiatan yang produktif dan pelayanan pada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.

d. mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya dalam bidang kajian bahasa dan sastra Inggris maupun berkehidupan bersama di masyarakat.

e. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian dalam bidang bahasa dan sastra Inggris.

D. KOMPETENSI LULUSAN:

Kompetensi lulusan jurusan/prodi Bahasa dan Sastra Inggris meliputi 4 bidang sebagai berikut:

a. Kompeten dalam memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam konteks kajian bahasa dan sastra, kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegarab. Kompetensi dalam Keterampilan Berbahasa (Language Skills)

b. Menguasai dasar-dasar keterampilan berbahasa Inggris secara integrated, meliputi keterampilan berbicara (Speaking), menulis (writing), membaca (reading), menyimak (listening), dan aspek grammatika; mampu dan terampil mengaplikasikan dasar-dasar berbahasa tersebut dalam melakukan kajian teks dan komunikasi aktif (discourse competence), baik lisan dan tulisan, sesuai dengan tuntutan profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemashlahatan dan kesejahteraan manusia

c. Kompetensi dalam Kajian bahasa (Linguistics Subject)
Menguasai dasar-dasar kajian bahasa (linguistics), baik linguistik teoritis maupun linguistik terapan; mampu dan terampil menerapkan dasar-dasar kajian bahasa tersebut dalam upaya melakukan analisis dan penelitian terhadap teks, bahasa (aspek langue) dan berbahasa (parole), sesuai dengan tuntutan profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemashlahatan dan kesejahteraan manusia

d. Kompetensi dalam Kajian Sastra (Literary Subject)
Menguasai dasar-dasar sastra dalam apresiasi, pemahaman, analisis, dan kritik semua genre sastra; mampu dan terampil mengaplikasikan dasar-dasar sastra tersebut dalam upaya melakukan kajian, penelitian, serta (re)produksi semua genre sastra sesuai dengan tuntutan profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemashlahatan dan kesejahteraan manusia.

Prodi BSI terakreditasi oleh BAN PT, Nomor 25/BAN-PT/Ak-X/S1/X/ 2007 dengan Nilai B

E. GELAR LULUSAN : Sarjana Sastra (S.S)

F. PROSPEK PENGEMBANGAN

Jurusan/Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris merupakan jurusan/prodi yang concern melakukan studi dalam bidang keterampilan berbahasa Inggris (language skill), studi bahasa (linguistics) dan sastra (literature). Lulusan Jurusan/Prodi BSI disiapkan sebagai tenaga ahli yang dapat mengisi lapangan kerja

1. PNS
2. Diplomat
3. Guru (plus PPG)
4. Penulis
5. Sastrawan
6. Wartawan
7. Penerjemah
8. Interpreter
9. Editor
10. Pemandu wisata
11. Pembawa Acara
12. Peneliti

0 komentar: